May 24, 2024

Pekanbaru, 8 Maret 2024 – Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menyelenggarakan pelatihan statistik pada hari Kamis, 7 Maret 2024. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan mahasiswa dalam menggunakan aplikasi statistik dan membantu mahasiswa dalam proses penulisan skripsi.

Acara yang berlangsung dari pagi hingga sore hari di Gedung M Nasir lantai 4(Lab. Komputer) UMRI ini diikuti lebih kurang 30 mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan. Pelatihan ini menghadirkan pemateri berpengalaman  dibidangnya, Ferdian Fadly, SST, M.STATS, yang merupakan lulusan Master Statistik dari Australian National University dan salah satu penerima beasiswa LPDP.

Dalam pelatihan ini, para peserta diajarkan berbagai materi penting tentang statistik, seperti:

  • Konsep dasar statistik
  • Penggunaan aplikasi statistik STATA
  • Analisis data kuantitatif
  • Teknik pengolahan dan analisis data untuk skripsi

Para peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan ini dan aktif dalam sesi tanya jawab. Ferdian Fadly, SST, M.STATS, menyampaikan bahwa pelatihan ini penting bagi mahasiswa Ekonomi Pembangunan, karena statistik merupakan alat yang penting untuk menganalisis data dan menghasilkan kesimpulan yang akurat.

“Statistik sangat penting bagi mahasiswa Ekonomi Pembangunan, karena kita sering dihadapkan dengan data-data yang perlu dianalisis. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami dan menggunakan statistik dengan baik, sehingga dapat menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas,” kata Ferdian Fadly saat menyampaikan materinya.

Kepala Program Ekonomi Pembangunan, Dr. Muhammad Hidayat, SE. M.Si, dalam kata sambutannya mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh peserta dan pemateri yang telah berpartisipasi dalam acara ini. Ia berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta dan membantu mereka dalam menyelesaikan studi di jurusan Ekonomi Pembangunan.

“Kami harap pelatihan ini dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam menggunakan statistik dan menyelesaikan studi di jurusan Ekonomi Pembangunan. Kami juga berharap acara ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk belajar dan bertukar ilmu.”

Pelatihan ini ditutup dengan foto bersama dan penyerahan plakat dari ketua panitia kepada pemateri. Dengan berakhirnya pelatihan, peserta tidak hanya membawa pulang pengetahuan baru, tetapi juga kemampuan untuk mengaplikasikan ilmu tersebut dalam penelitian mereka dan masa depan akademik mereka.