May 24, 2024

Pekanbaru – tanggal 29 Januari 2024, bertepatan pada hari Senin, Program Studi Ekonomi Pembangunan telah melaksanakan Seminar Economic Development  bertajuk “Beasiswa Peluang Meraih Mimpi”. seminar ini secara keseluruhan membahas tentang edukasi dunia perkuliahan yang dihadiri oleh Dr. H. Jon Erizal, S.E., MBA sebagai pemateri.

Seminar ini merupakan serangkaian kegiatan Promosi Program Studi Ekonomi Pembangunan yakni Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB EP) 2024. Seminar yang diadakan di aula gedung rektorat UMRI ini diikuti oleh siswa/siswi SMA dan SMK Sederajat yang ada di Kota Pekanbaru. Selain mendatangkan narasumber, Seminar ini dihadiri oleh  Kepala Program Studi Ekonomi Pembangunan yakni Dr. Muhammad Hidayat, S.E., M.Si dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMRI Mizan Asnawi, S.E., M.Ec.Dev. beserta guru pendamping dari sekolah masing-masing siswa.

Kepala Program Studi Ekonomi Pembangunan dalam kata sambutannya menyampaikan sangat mendukung kegiatan positif seperti ini. Menurut Beliau seminar-seminar edukatif seperti ini harus sering dilakukan, terlebih yang membahas seputar beasiswa, dimana beasiswa ini sangat diperlukan bagi pelajar SMA yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Bapak Mizan Asnawi dalam sambutannya membuka sekaligus meresmikan kegiatan seminar ini. Dekan mengapresiasi kegiatan seminar ini dan menyampaikan kata terimakasih kepada pemateri Bapak Dr. H. Jon Erizal, S.E., MBA karena telah bersedia berbagi pengalaman dan ilmunya dalam kegiatan ini. Beliau berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta yang hadir nantinya.

Bapak Jon Erizal dalam materinya menyampaikan untuk memperoleh beasiswa pada zaman sekarang ini tidak sesulit pada saat beliau masih berkuliah. Sudah ada banyak jenis-jenis beasiswa yang dapat mahasiswa raih seperti beasiswa LPDP, KIP-K, Bidikmisi ataupun beasiswa dari swasta seperti beasiswa Bank Indonesia. Beasiswa-beasiswa itu juga bermacam-macam bentuknya, ada beasiswa prestasi ataupun beasiswa organisasi, tutur beliau.

Kendati demikian, seleksi untuk setiap beasiswa itu tidaklah mudah, persiapan yang matang harus dilakukan sejak dini untuk melewati berbagai macam tes yang dibutuhkan. Tak lupa pula beliau berbagi tips kepada siswa-siswi dalam melaksanakan tes seperti tes wawancara yang kebanyakan menggagalkan calon penerima beasiswa.

Terakhir, beliau juga menyampaikan bahwa kunci meraih beasiswa itu ada pada diri sendiri. Kerja keras, pantang menyerah dan keinginan untuk terus mencoba adalah hal-hal yang akan menentukan apakah kita dapat memperoleh beasiswa nantinya.